Oper gigi keras dan susah?

Ada banyak rider yang mengeluhkan pindah gigi atau oper gigi pada motornya keras dan susah, perlu diketahui bahwa ini bisa terjadi karena barbagai factor dibawah ini:

  1. setelan ulir di setang dan di bak mesin yang kurang pas
  2. kabel kopling kemasukan air yg menimbulkan karat didalam kabel
  3. bahan per kopling yang terlalu kaku dan keras
  4. kampas kopling yang sudah aus
  5. viskositas atau kekentalan oli mesin
Mari kita cek dan ulas sama-sama untuk poin poin masalah diatas:

Poin 1. ulir kopling yg ada di setang coba di putar ke kanan supaya agak sedikit mepet dengan pankal handle kompling yg di grip, jgn terlalu mepet karena kopling bisa gak nyantol dan gak ketarik saat handle kompling di tekan, dan diputar agak sedikit dijauh untuk setelan kopling yang ada di bak mesin

Poin 2. usahakan sebulan sekali kalo libur untuk melepas kabel kopling dari motor untuk dibersihkan, semprotkan WD bahan peluntur karat dengan cara tarik beberapa kali hingga cairan WD ngalir ke ujung kabel kopling, ulangi hingga yakin bersih dan karat terbuang semua dari dalam kabel, setelah itu masukkan minyak goreng baru ke dalam kabel dan pastikan minyak membasahi seluruh dalam kabel dan ngalir tembus ke ujung kabel, INGAT jangan memasukkan oli atau gemuk kedalam kabel kopling atau kabel gas karena 2 bahan tersebut sangat gampang sekali menahan kotoran/debu didalam dan lengket dan membuat susah kabel kopling ditarik, dan kalo susah ditarik dan dipaksa kabel akan cepat putus.

Poin 3. Biasanya bahan yg kaku dan keras juga akan sangat keras saat ditarik kabel kopling, jadi coba cari bahan per kopling yg tidak terlalu kaku dan keras, silahkan hunting ke toko2 accessories pasti dari sekian banyak toko ada yg jual per kopling yg berkwalitas

Poin 4. pengantian kampas kopling bukan dilihat dari jarak kilometer yg telah ditempuh tapi dari perlakuan sirider terhadap motor, seberapa sering rider narik kabel kopling dan bejek kopling sangat berpengaruh terhadap umur kampas kopling, kalo perlakuan terhadap kopling tidak pakai perkiraan kampas kopling baru gantipun akan juga cepat habis, dan apabila kampas kopling sudah menipis akan juga sulit oper gigi, biasanya kalo kampas kopling habis akan disertai dengan bunyi pletak2 di bak kopling saat handle kopling ditarik atau bisa dideteksi dari daya ankat motor di gigi 1, kalo di gigi satu sudah lembek tak bertenaga bisa jadi kampas kopling sudah aus atau habis

Poin 5. viskositas atau kekentalan oli mesin, ini sedikit juga mempengaruhi terhadap kinerja kopling, oli mesin sangat diperlukan untuk gampang perpindahan gigi ke gigi, smakin kental oli akan juga sedikit keras pindah gigi, usahakan untuk memakai oli yg encer contoh oli berviskositas 10/40, tapi oli sedikit agak kental juga diperlukan untuk motor yang berjarak tempuh jauh karena oli yg agak kental contoh 15/50 atau 20/50 akan membantu mendinginkan mesin yang berjarak tempuh jauh.

Jika poin poin diatas sudah di cek dan teryata kopling juga masih susah dan keras silahkan coba metode ini, yaitu menambah plat diujung tuas kopling, solusi ini berhasil dimotor rider yang sudah mencobanya, bahan pelat besi tebal 3mm, jarak titik lubang lama ke lubang baru +- 1.5cm, untuk lebih jelas silahkan lihat poto.


SARAN, selalu gunakan alternatip yg murah dan tidak mengeluarkan biaya atau yg termudah dulu, rasakan jika tidak berhasil naik ke step berikut sampai ketemu yg diinginkan, terkadang ada motor yg cuma mengunakan cara simple contoh cuma memakai cara poin 1 dgn hanya mengulir baut sudah ok, jadi silahkan pakai step yg termudah dulu. Demikian dan semoga bermanfaat.

Comments