APA pengaruh karet tromol gir terhadap motor anda?

Sebelumnya bagi yang karet tromol girnya sudah oblak teryata karet tromol suzuki thunder 125 bisa dipakai dan siap dipasang di megelli tanpa merubah apapun, kwalitas karet juga lumayan keras.

Cara ngecek karet tromol gir masih layak pake apa tidak, coba broder pegang gir pake 2 tangan atas bawah lalu goyang kedepan dan kebelakang atau maju mundur, kalo saat digoyang ada pergerakan dan banyak ruang kosongnya tuh brarti karet tromol gir sudah oblak.

Pengaruh terhadap motor kalo karet tromol gir ini oblak:

1.  Tarikan motor akan sedikit melambat karena ada jeda di rongga karet tromol gir, saat motor di gas dan masuk gigi stopper yg ada ditromol gir harus bergerak dan memutari dulu ngisi rongga karet yg kosong yg seharusnya gak perlu(karena oblak) sebelum stopper tromol gir trsbt berhenti di karet depannya yg berada dirumah tromol (yg nyatu sama pelek) lalu ketarik rante dan gir. (ada jeda skian detik karena karet oblak sekian cm).

2. Stopper yg ada di tromol gir dan rumah tromol (yg dipelek) lama2 bisa rompal dan pecah karena kedua stoper saling beradu dan terjadi benturan keras saat ditarik rante dan gir, ini terjadi karena ada jeda dikaret tromol yg oblak skian cm dan menghantam stopper tromol yg di pelek, walopun sebenarnya masih ada karetnya tapi karet itu sudah gak plek dan banyak rongga

3. Akan terjadi benturan rante ke arm karena saat tromol berputar mengisi rongga karet yg kosong (karena oblak) saat itu juga rante ngendor dan rante jatuh di arm sehingga bunyi "kletek" dan rante akan kenceng lagi saat kedua stopper tromol bertemu dan ngajak muter roda.

Kalo stopper yg ada di gir pas dan plek di lobang karet (karet tromol gir) yg ditanem di dalam pelek dan gak oblak atau gak ada jarak pastinya tromol aman karena tidak terjadi benturan keras dan tarikan gak akan telat/delay karena gak ada jeda lagi karena kedua stopper sudah terikat karet yg fit dan mati berada ditempatnya.

Karet tromol gir ada masanya dan aus stelah pemakain sekian km tergantung dari kwalitas karet yg dipakai. Demikian mudah2an bermanfaat.

Comments

  1. Maaf saya ingIn bertanya

    Kalo megelli yang 250s (naked) tahun ini mesinnya sudah gen 2 atau masih pake yang gen 1 mohon pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
  2. mesin megelli 250s sudah gen 2 bro...jgn lupa masuk ke forum di FB ya search aja Megelli Indonesia Groups...thanks

    ReplyDelete

Post a Comment