TIPS Mudik aman versi Megelli Indonesia Groups


Megelli Indonesia Groups
TIPS dan TRIKS MUDIK aman bersepeda motor versi Megelli Indonesia Groups….Buat rider yang akan mudik memakai sepeda motor coba cek list berikut dan PASTIKAN tidak terlewat atau kenyamanan mudik anda terganggu dan mungkin bisa membahayakan jiwa anda, persiapkan fisik dan motor dari sekarang, lakukan dengan teliti beberapa point penting yg harus di check sebelum berangkat mudik, here are we go: 

Cek seluruh Motor tanpa terlewat:

cek kondisi ketebalan ban anda
1. Ban, pastikan kondisi masih 80% sukur2 ganti ban baru sebelum pulang, anda akan melewati medan jalan panjang yg mungkin anda kurang begitu mengenal medan jalan dan juga perubahan cuaca extrim dari panas, dingin, basah, kering, hujan dan repetasi pengereman akan berlangsung cepat untuk itu anda memerlukan ban sehat dan layak untuk memastikan real time stop saat di rem, bukan ban yg di rem ngesot entah kemana…BERBAHAYA

2. Rante, gir, fan belt, laher usahakan diganti kalo sekarang umurnya sudah
cek kondisi gir dan rante
hampir terpakai 9 bulan atau lebih satu tahun, biasanya part ini dengan umur segitu sudah mulai terlihat kurang nyaman dipakai apalagi dibawa mudik
cek fan belt

3. Handling: stang dan komstir, karena ini perjalanan panjang yg cukup menguras tenaga kalo bisa usahakan stang dirubah senyaman mungkin, abaikan real sport look dulu untuk mendapatkan kenyamanan berkendara

cek handling, komstir, stang, laher, shock 
4. Tali gas dan tali kopling, kalo sudah dipakai lebih 5 bulan baiknya untuk dibawa mudik ganti kabel baru daripada was2 ditengah jalan, yang pasti kabel gas dan kopling akan sangat panas karena seringnya kita tarik ulur kopling dan gas di tengah kemacetan,
karena ini mungkin kabel rentan putus, jika di perlukan beli extra untuk dibawa didalam tas untuk menghindari putus kabel tengah malam dan jauh dari bengkel

5. Kampas rem, kalo tinggal tersisa 30% untuk mudik harus ganti


baru kecuali anda mau repot bawa part kampas tersebut dan mengganti di tengah perjalanan, kurang nyaman bukan

6. Minyak rem, pastikan terisi penuh digaris top level di tabungnya

7. Servis ringan, setting karburator usahakan untuk sementara kembalikan ke part normal atau standar jika saat ini anda memakai part racing, demi kenyamanan daripada anda bermasalah dengan asupan bensin dan performa kendaraan, racing kit diutamakan untuk jarak pendek bukan untuk mudik

8. Shockbreker depan dan belakang, jika diperlukan ganti minyak shock kalo dirasa handling dan suspensi sudah keras dan tidak nyaman

9. Ganti busi baru jika sudah melewati pemakain lebih dari 4000km


10. Ganti oli baru jika sudah lebih dari 1500km, karena perjalanan panjang gunakan oli berviskositas agak sedikit kental biar mesin tidak telalu panas

11. Cek radiator dan air radiator

12. Buat motor yg tidak ada kontrol bensin, ada baiknya setiap pom berhenti

untuk mengecek tangki dan memastikan bensin masih aman dan penuh atau anda akan kehabisan ditengah perjalanan karena modal ukur bensin anda cuma kira2

13. Lampu Utama, lampu kota, lampu sen, lampu rem, pastikan semua bekerja normal

14. Jas hujan, jaket, body protector untuk siku dan lutut, sepatu nyaman full protect, helm fullface 


jangan lupa bawa perlengkapan
full protection

Fisik dan kondisi rider:

1. Pastikan fisik anda 100% fit, jgn coba2 nekat berkendara jarak jauh dalam kondisi kurang fit

2. Patuhi rambu2 lalulintas, jangan arogan dan tahan diri


3. Bawa uang cukup hanya untuk perjalan saja untuk menghindari hal2 yg tidak di inginkan

4. Tidak perlu membawa/memakai perhiasan

5. Usahakan beristirahat 15 menit setiap setelah 1.5 jam berkendara, jangan dipaksakan usahakan mudik anda senyaman mungkin

6. Istirahat dan parkir ditempat ramai dan aman, contoh masjid, mushola, kantor polisi atau tempat2 yg menyediakan jasa parkir demi kenyamanan anda



7. Usahakan beristirahat ditempat teduh supaya energy yg terkuras cepat pulih

8. Jangan mudah terpancing emosi, karena ramainya kendaraan dan perjalanan akan pula berbeda2 typical pengendara jadi usahakan untuk slalu focus dan tidak mudah terpancing emosi karena bisa membahayakan anda dan pengendara lain

9. Kalo bisa usahakan jadi solo rider jgn bawa bocenger karena beban akan terasa lebih ringan dan keseimbangan akan tetap terjaga
berkendara sendiri akan lebih nyaman
10. Bawa obat2an buat diperjalanan atau dikampung halaman


WARNING!!! JIKA DIRASA TIDAK BEGITU DIPERLUKAN LEBIH BAIK HINDARI MUDIK MEMAKAI SEPEDA MOTOR KARENA KORBAN KECELAKAN MUDIK TERBESAR ADALAH PENGENDARA SEPEDA MOTOR, TAPI JIKA MOTOR INI SANGAT PENTING BUAT ANDA UNTUK MOBILITAS DIKAMPUNG HALAMAN DAN ANDA HARUS MEMBAWANYA PASTIKAN ANDA MASUK KRETERIA AMAN DIATAS ATAU FATAL BUAT ANDA. DAN USAHAKAN UNTUK SELALU TANAMKAN “BIAR LAMBAT ASAL SELAMAT” JANGAN SAMPAI SUSANA SUKACITA MENJADI DUKACITA DIKELUARGA ANDA


Kecelakaan terbanyak dan terparah didalam sejarah mudik dialami oleh pengendara motor, jangan sampai anda yang berikutnya jadi hati-hati bro & sis jangan terpancing emosi dan tetap focus
JANGAN DITIRU!!!
JANGAN MEMBAWA BEBAN BERLEBIHAN BAWA BEKAL CUKUP YANG DIPERLUKAN DI KAMPUNG HALAMAN
INI AMAT SANGAT BERBAHAYA JANGAN ANDA TIRU
SANGAT BERBAHAYA JANGAN SAMPAI ANDA MENCOBA MELAKUKAN HAL INI
JADI KESELAMATAN ANDA ADALAH YANG PALING UTAMA DAN INGAT KELUARGA TERCINTA DIRUMAH MENUNGGU ANDA DIRUMAH

Comments