Thursday, January 10, 2013

Cara merekondisi Aki/Accu kering atau Aki MF (Accu Maintenance Free)


Inilah cara merekondisi Aki kering atau Aki MF (Maintenance Free), rekondisi ini dilakukan disaat kendaraan/motor anda susah distater atau saat dilakukan pengechasan aki anda sudah tidak terisi kembali, untuk melakukan hal ini usahakan siapkan air biasa untuk membilas jika kita terkena cairan aki tersebut dan usahakan pengerjaan rekondisi ini di tanah atau lapisan yg bisa meresap dan jangan diatas keramik karena akan merusak struktur keramik hingga mudah pecah.

Pada dasarnya aki kering didalamnya juga terdapat air sama seperti aki basah cuma penguapan aki tersebut terhalang tutup sehingga bisa didaur ulang masuk kembali kedalam sel aki. Seiring dngn penggunaan aki jumlah air yg terdapat dalam sel aki BISA berkurang, berkurangnya jumlah air yg merendam aki tsb berkurang pula kemampuan aki untuk menyimpan arus yg dibutuhkan untuk mensuply kebutuhan kelistrikan motor kita.

Inilah caranya merekondisi aki kering:

1. Lepaskan aki dari motor.

2. Lihat tulisan 'do not open' buka perlahan tutup tulisan tsb menggunakan cutter sedikit demi sedikit sampe terbuka.

3. Setelah terbuka ada 6 lubang yg tertutup karet buka perlahan karet2 tsb menggunakan alat seperti pinset atau penjepit. jngn menggunakan tangan takutnya terkena air yg dapat menyebabkan gatal2 atau iritasi terhadap tangan kita.

4. Setelah tutup karet terbuka buang isi air yg ada didalam aki dengan cara membalik kebawah sambil digoyang2 kan.

5. Setelah isi air yg ada didalam benar2 kosong isi sel2 aki dngn air panas sampai penuh/luber, tunggu sekitar 
10 menit untuk sel2 dalam aki menjadi hangat. Setelah itu buang air panas yg ada didalam aki.

6. Setelah kosong isi aki dngn air aki zuur(botol merah), usahakan beli air aki zuur botol kecil yg ujungnya mengerucut bisa dimasukin selang kecil untuk memasukan air aki kedalam aki. Waktu mengisi air aki jngn sampai penuh, cukup sampai batas sel2 aki yg ada didalam aki.

7. Sesudah diisi air aki rakit kembali tutup karet yg menutup lobang pengisian air aki.

8. Setelah itu tutup tulisan 'do not open' kembali keposisinya sambil ditekan, bagian pinggir2 tutup atas ditutup kembali menggunakan lem power glue atau adukan lem besi sampai tertutup rapat. diatas tutup 'do not open' ada 2 lobang pernafasan jngn tertutup lem kalo tertutup bisa meledak itu aki kalo di charge.

9. Setelah tertutup rapi aki harus dicharge kembali menggunakan charger aki sekitar 1 jam

10. Aki lama hasil rekondisi siap dipakai.

Keberhasilan rekondisi ini tergantung waktu pengisian ulang air aki kalo air terlalu kering aki tidak bisa dicharge, kalo terlalu penuh air bisa muncrat waktu dicharge. Disarankan jika tidak bisa mengerjakan sendiri bisa meminta tolong tukang aki untuk merekondisi aki tsb, tapi biasanya sih mereka ga mau alasannya percuma direkondisi. karena mereka dapat mengeruk keuntungan 2 x dari aki yg mereka jual dan aki yg mereka dapat dari anda yg direkondisi.

INGAT ini dilakukan jika kendaraan anda distater sudah susah terus dicharge juga sudah tidak ngisi2. cara ini max 1 x dilakukan karena resiko bocornya air aki sama umur sel yg sudah tua.

Penting kendaraan anda untuk dibekalin voltmeter pemantau voltase aki seperti postingan saya sebelumnya, jangan sampai dorong kendaraan anda karena tidak terkontrolnya aki kendaraan anda, kenapa? Maluuuuuu....


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Bravo Megelli Indonesia Groups