TRIK menghidari Rangka atau Deltabox kendaraan anda kropos dan patah

Perlu diketahui bahwa semua bahan yang dipakai untuk rangka atau deltabox motor anda terbuat dari metal hollow (besi kosong), aluminium hollow atau plat yang dibentuk kotak dan kosong didalamnya, kenapa rangka atau deltabox itu harus kosong di bagian tengahnya? Ini dirancang dan dibuat untuk menghindari beban berat terhadap motor atau kendaraan anda bila memakai solid metal atau besi utuh yang pastinya akan menambah berat beban mesin, yang mana beban berat ini sangat berpengaruh terhadap performance atau kecepatan motor, makanya banyak produsen motor sport merancang deltabox/rangka seringan mungkin supaya tidak menambah beban putaran mesin.
Ok dan sekarang taukah anda bahwa dengan kosongnya bagian tengah dari rangka/deltabox tersebut juga ada efek negative nya? Dan teryata ada, didalam rangka/deltabox tersebut teryata bisa menyimpan air yang mengakibatkan karat, karena air ini begitu lama tersimpan didalam deltabox lama kelamaan akan berubah menjadi karat yg anda tidak akan tahu, dan baru ketahuan setelah terlihat warna kekuningan muncul dibagian luar deltabox yg artinya karat tersebut sudah menembus seluruh plat rangka, dan anda tau akibatnya, sudah pasti bagian tersebut kropos dan lama kelamaan sudah pasti patah.

Contoh nyata terjadi pada motor kesayangan saya, anda bisa lihat dibagian bawah dari deltabox motor Suzuki FXR ini, bagian yg saya cat hitam adalah bagian deltabox yg kropos dan patah, teryata ada air masuk ke deltabox dari lobang kecil pegangan kabel tis buat ngikat kabel dari sisi dalam deltabox, dan karena tidak adanya lobang pembuangan air diposisi terendah di deltabox air tersebut berbulan bulan dan bertahun tahun ngendap dan jadi karat dan akhirnya deltabox kropos dan patah, deltabox tersebut harus ane tambal pake plat titanium dan bikin lobang bor  segede paku 10cm dipaling bawah dari deltabox untuk menghidari air mengedap kembali.

CARA menanganinya, ambil mata bor sebesar paku 10cm kalau tidak punya bor motor cukup dibawa ketukang las dan minta di bor atau bikin lobang di rangka/deltabox dibagian paling terbawah sisi dalam supaya tidak terlihat dari luar, karena kita semua tahu air akan mencari tempat yg paling dasar atau paling bawah makanya kita harus bikin lobang dibagian paling bawah dari deltabox, kalau sudah ada lobang bor ini hati akan tenang karena kalo ada air masuk lewat lobang dan celah saat motor dicuci atau kehujanan air akan langsung mengalir keluar lewat bor boran yang kita bikin.

Cara ini tidak perlu diaplikasikan ke Megelli, setelah ane telusuri dengan mengangkat tangki teryata pabrik sudah memikirkan bahwa akan ada air masuk ke pipa rangka yg akan ngendap dan jadi karat yg nantinya akan mengroposkan pipa rangka megelli, lihat poto ini dan bor2an ini sudah ada , sisi kiri, kanan, atas dan bawah. dari poto ini bro bisa lihat ada warna kekuningan bahwa prediksi ane benar ada air masuk ke rangka, kalo ini tidak dibor dari awal rangka ini lama kelamaan akan kropos.

Dan saya ingin berbagi ke kawan-kawan yang ada di SFOC (Suzuki FXR Owner Club) tentang hal ini, Pak ketua chapter depok om Choky, Bro Rully dan Bro Goodday todie, mohon bisa diinformasikan ke kawan2 untuk menghindari hal diatas. Indahnya berbagi dan semoga bermanfaat

Comments