Perlukah EXTRA FAN dimotor kita?

Pernah ada yang betanya perlu gak sih sebenarnya extra fan itu dipasang dimotor kita? Terus saya balik bertanya mau difungsikan untuk apa extra fan dipasang? dan dia menjawab biar mesin tetap adem dan dingin. Hemmm mari kita sama2 tengok dan bahas fungsi dari extra fan ini dan kita akan simpulkan apakah masih perlu atau tidak extra fan ini dipasang.


Mari kita mengerti dulu fungsi dari extra fan atau kipas angin tambahan ini, namanya juga “extra” yg artinya tambahan berarti disana aslinya sudah ada alat pendingin yg terpasang dari pabrik atau pabrik sudah merancang aerodinamis motor tesebut sehingga sudah cukup mendapatkan asupan dingin dari luar selain extra fan/kipas tambahan yang akan kita bahas ini. OK untuk mencerahkan bahwa sebenarnya extra fan itu diperlukan dan dipasang bukan untuk mendinginkan mesin TAPI untuk membantu menjaga temperature suhu dan membantu mendinginkan air atau oli yang berputar melewati radiator atau oil cooled sebuah kendaraan.

Cara kerja extra fan, extra fan harus dipasang menghembus kearah radiator yg idealnya dipasang dari sisi luar menghadap radiator dan mesin, extra fan tersebut akan terus berputar kearah radiator dan mendinginkan bahan material radiator sehingga air atau oli yg bersirkulasi melewati bahan radiator tersebut akan mendapatkan suhu dingin sehingga oli atau air setelah melewati radiator dan masuk ke mesin kembali dalam keadaan dingin dan mesin motorpun juga ikut dingin dan tidak overhit.

Jadi perlukah extra fan ini dipasang? Untuk motor yang memakai radiator atau oil cooled bisa dibilang perlu dan gak perlu, seperti yang saya bilang ini extra atau tambahan karena aslinya udara dari luar saat motor melaju sudah cukup mendinginkan material radiator, tapi kalo mau pasangpun juga gak masalah karena ini bisa membantu mengatur suhu air dan oli seperti penjelasan diatas. Dan menjawab pertanyaan diatas, extra fan tidak diperlukan untuk motor yg tidak memakai radiator atau oil cooled karena extra fan bekerja lewat radiator bukan lewat mesin. ada yg nekat pasang extra fan dimotor yg tidak memakai radiator, heeem yg jelas berfungsi tidak bikin aki ngedrop iya, kenapa saya bilang tidak berfungsi? Kalo anda bertujuan mendinginkan mesin lewat extra fan apakah angin dari luar bagian depan yg menghembus kedalam mesin saat motor anda melaju tidak cukup kencang? Angin dari luar saat motor melaju akan lebih kencang dari extra fan yg anda pasang, jadi percuma kan extra fan dipasang di motor yg tidak beradiator, kecuali extra fan anda putarannya lebih kencang dari angin luar, tapi saya rasa gak ada extra fan yg bisa ngalahin kencangnya angin luar. Jadi jagan buang2 setrum aki buat accessories yang tidak berguna.


Tips untuk menghemat daya aki:

-         1.  carilah extra fan yang bekerja otomatis, artinya extra fan hanya akan berputar dan bekerja jika panas mesin sudah sekian drajat, itu sudah disetting sama orang yg bikin extra fan anda tinggal pilih,
-         
2.         2. kalau tidak nemu extra fan otomatis, pasang saklar arus pemutus ke extra fan, jadi anda bisa meng ON dan OFF in extra fan sesuka hati.

Demikin semoga bermanfaat
 

Comments