TRIK memantau AKI

TIPS & TRIKS ….Voltmeter (Alat pemantau Ampere AKI)

Pastinya semua Megellers tau bahwa motor Megelli kita hidupnya sangat dan sangat mengandalkan aki dan yg paling utama adalah untuk engine start karena motor kita tidak dibekali dengan kick stater. Hanya menegaskan dan mengigatkan bahwa aki motor kita ada masa berlakunya dan kadang susah diprediksi kapan aki ini akan lemah/mati atau kapan waktunya harus ganti aki baru, bisa saja secara tiba2 aki tidak berfungsi atau mati padahal kemaren motor masih dipakai jalan, mungkin tidak begitu merepotkan kalo tiba2 aki mati dan motor gak mau nyala tapi posisi kita dirumah atau di bengkel, tapi kalo tiba2 aki mati dan posisi ditengah jalan pastinya itu tidak kita harapkan.
OK guys ini TIPS untuk menanggulangi kejadian aki mati secara tiba2 atau alat pengontrol ampere aki  supaya kita tau kapan harus ganti aki baru sebelum tuh motor mati mendadak. Mungkin semua sudah tahu bahwa alat untuk mengontrol ampere aki ini disebut VOLTMETER, bentuk dan mereknya beda2 dan banyak di toko aksessories motor, alat ini akan selalu menunjukkan dan memantau ampere aki motor kita apakah amperenya masih layak atau tidak. Selain berfungsi sebagai pengontrol ampere aki alat ini juga sekaligus buat fashion dashboard biar tambah keren, dan cara pasangnyapun gampang dan bisa pasang sendiri, seperti dipoto ini ane pasang sendiri dirumah tanpa bantuan bengkel.
Cara kerja VOLTMETER:
- Saat kunci kontak di ON tanpa distater dan angka di voltmeter menunjukkan 12 berarti aki anda normal dan bagus, dan angka ini akan merangkak naik dgn sendirinya saat mesin motor nyala dan di gas dan terus akan naik menjadi 14 atau 15 saat motor jalan, dan saat lampu utama nyala pada waktu motor berjalan akan turun menjadi 12, 13 atau lebih. brarti kondisi aki ini bagus.
- Saat kunci kontak di ON dan angka di voltmeter dibawah 12 tapi masih diatas 10, siap2 aki di charge atau beli aki baru tapi gak usah langsung diganti, tapi kalo mau langsung ganti juga tidak masalah.
- Saat kunci kontak di ON dan angka di voltmeter menunjukkan angka dibawah 10 silahkan untuk mengganti aki anda daripada mati dijalan dan merusak kiprox
- Ingat!!! Kiprox sangat mengandalkan aki, aki rusak dan tidak cepat diganti siap2 kiprox jebol/rusak – untuk lebih jelas mengenai kiprox silahkan lihat postingan saya di forum ini sebelumnya tentang TIPS cara mengetahui kerja KIPROX. Semoga bermanfaat

Comments