Bagaimana cara mengetahui KIPROX motor kita masih hidup atau sudah mati?

Cara mengetahui kiprox motor kita masih bekerja atau sudah rusak

Bicara kelistrikan motor pasti larinya ke kiprox, aki dan spul. salah satu part ini bermasalah pasti kelistrikan terganggu, seperti motor distater kagak mau nyala, klakson mati dan lampu2 redup atau mati, dan kalo sudah begini slalu kita bilang biang keladinya adalah aki, padahal aki baru beli seminggu atau sebulan yg lalu. Perlu diketahui bahwa aki slalu berhubungan dgn kiprox selaku sumber pengisian daya aki, kalo kiprox ini bermasalah atau sudah rusak aki barupun dalam hitungan hari/minggu juga pasti mati lagi karena aki tidak terisi.

Ok ini cara gampang tanpa alat bagaimana cara mengetahui kiprox masih bekerja normal apa sudah rusak, bro bisa melakukannya sendiri dirumah dan hanya perlu telapak tangan saja, pertama nyalakan motor dan biarkan nyala langsam tanpa digas setelah sekian detik pegang kiprox pakai tangan dan rasakan, kalo kiprox normal dalam hitungan detik saat motor nyala kiprox akan terasa hangat dan merambat naik ke panas dalam hitungan menit, dan apabila tuh kirprox  di pegang adem adem saja walaupun sudah sekian menit motor nyala dan skian jam masih adem juga tanpa ada rasa hangat or panas berarti kiprox wasalam dan harus ganti. begitu cara cek kiprox sendiri dan itu alamiah karena kiprox hanya sebuah elemen zink penghantar arus yg pasti akan terasa panas kalo dilewatin oleh arus tersebut.

Dan kalo kiprox sudah mati sejauh ini ane belum pernah denger ada yg bisa benerin kiprox, kiprox mati ya harus ganti. Dan untuk menjaga kiprox supaya awet pastikan aki dan spul ok, 3 piranti ini berhungan salah satu rusak/mati akan menjalar ke 2 part yg lainnya. Jgn lupa untuk mengecek dan mengurut kabel yg terhubung di 3 part ini takutnya ada kabel yg meleleh atau soket yg dah rusak dan gak tersambung sempurna.

Posisi kiprox di Megelli, angkat jok belakang dan akan terlihat disamping sebelah kanan nempel dirangka, bentuknya kisi2 segede bungkus rokok.  Semoga membantu

Comments

  1. Buat my Brotherhood MIG, aku mau tanya, buat pembelian Sparepart komplit Megelli dmn yah ??? Trus kalo Kiprok memang mati / rusak dan Sparepart susah, kira2 hal apa yg harus aku lakuin ? Kalo diganti slain dgn produk Megelli, kira2 apa yg cocok ???
    Mohon bantuannya yah...(^_^)

    pin:2932F02B ( Rouy MIG Bgr )

    ReplyDelete
  2. kalo aki habis dibiarin terus menerus mrembetnya kemana ya bro

    ReplyDelete
  3. Bro Rouy, coba pantau FB MIG Forum bro, disana banyak info dan share dari suhu2 Megelli,

    Bro Heri, kiprox mati bro dan kalo dah gitu mrembet ke spul

    ReplyDelete
  4. Bro motor saya tidak ada api sedikitpun dari kabel sepul yang saya coba tempelkan pada body, padahal sepul baru saya ganti tolong dong bro kira kira apaya lagi dah setengah bulan motor saya mangkarak

    ReplyDelete

Post a Comment